Dua minggu ini saya harus bolak-balik Klaten-Solo untuk membantu ibu menyiapkan persyaratan sertifikasi guru. Meskipun ayah sebenarnya adalah salah satu pihak yang melaksanakan sertifikasi, tapi beliau tidak bisa banyak membantu ibu karena beliau sibuk sendiri membantu guru-guru yang lain yang datang ke rumah silih berganti.

Yang akan saya tuliskan berikut bukanlah hal yang begitu penting mungkin, tapi bagi saya, hal berikut sangat berarti.

……………………………..

Pada suatu malam, saya sedang sibuk menyusun berkas-berkas sertifikasi ibu sampai kemudian saya mendengar perdebatan kecil terjadi di ruang tamu. saya melihat ke ruang tamu beberapa detik kemudian. Seseorang –guru- yang meinta tanda tangan ayah untuk sertifikasi, menyodorkan amplop yang saya duga berisi uang kepada ayah. ayah menolak. Guru itu tetap memaksa. Hingga akhirnya saya mendengar ayah mengatakan,

“Ini kan sudah tugas saya. Saya tidak menerima amplop apapun. Saya sudah digaji. Kalau anda bersikeras, saya malah tidak akan mau menandatangani berkas anda”

Akhirnya sang guru tersebut menurut dan memasukkan kembali amplop tersebut ke dalam tasnya.

Saya yang mengintip dari balik jendela tersenyum bangga melihat sikap ayah.

……………………………….

Pada suatu malam yang lain, sewaktu baru saja 2 orang guru pulang dari rumah saya untuk meminta tanda tangan ayah, tiba-tiba ibu menemukan sebuah map merah dan di dalamnya terdapat amplop yang berisi sejumlah uang. ayah kaget, dan menanyakan kepada kami,

“Menurutmu gimana,Din?” Tanya ayah pada saya.

“Kalau saya jadi ayah sih, saat ini juga saya susul dia dan saya kembalikan amplopnya” kata saya.

“Jam berapa ini?” Tanya ayah saya lagi.

“Jam 22.30” jawab saya.

“Ambilkan kunci motor,Din. Biar ayah kembalikan sekarang. Kamu ikut juga”

“Ya,Yah”

Kemudian saya dan ayah menyusul ke rumah guru tersebut. Sempat nyasar beberapa kali. Tapi akhirnya rumahnya pun berhasil ditemukan.

Dari perjalanan pulang dari rumah guru tersebut, saya pun berbincang dengah ayah saya tentang banyak hal. Dan saya semakin bangga dengan ayah saya =)

Tidak ada komentar: