Ternyata menjadi seorang guru yang baik itu sangatlah sulit. Dulu saya pikir, jadi guru itu mudah. Bahkan saya bersemangat sekali ingin menjadi seorang guru yang luar biasa. Tetapi ternyata memang kenyataan tak selalu seindah harapan. Ketika saya harus dihadapkan dengan lingkungan sekolah yang serba tak nyaman, siswa-siswa yang memiliki kemampuan jauh di bawah rata-rata, dan juga niat sekolah mereka yang hampir tidak ada, saya kesulitan. Saya merasa gagal sebagai guru bahasa Inggris mereka. Saya mungkin akan lebih baik menjadi guru BK mereka kali ya... Setiap kali masuk kelas, sulit sekali untuk membuat mereka mengerti pelajaran, tetapi ketika diajak bercerita atau mereka sendiri yang bercerita, rasanya obrolan itu nyambung.

Sebenarnya saya kasihan dengan mereka, di rumah tak ada perhatian dari orang tua, di sekolah juga semua guru bersikap kasar pada mereka... Mana bIsa mereka belajar dengan kondisi psikologis yang seperti itu. Saya hanya ingin murid-murid saya berhasil, murid-murid saya bersemangat sekolah, murid-murid saya menjadi orang yang berguna. Bagaimana saya bisa membantu mereka?


4 komentar:

Anonim mengatakan...

kadang kita tidak harus benar-benar menjadi seorang "guru", kita bisa juga memposisikan diri kita sebagai seorang teman, atau bahkan kakak bagi mereka. dengan posisi itu kita dapat lebih "menyelami" apa yang ada dalam diri mereka. dari hal itu akan terbangun kedekatan personal yang nantinya dapat kita aplikasikan untuk membantu memecahkan masalah mereka.
tapi tergantung pada mereka juga, karakteristik tiap orang kan berbeda, ada yang terbuka ada pula yang tertutup.
akhirnya semuanya kembali pada kita, bisakah kita menjadi sosok guru yang ideal tersebut.
selalu perbaiki diri n tambah terus ilmu&pengalamannya.
Be A Good Teacher!!

Anonim mengatakan...

Blog milikku tidak da masalah tuh. bisa dibuka dengan baik.
http://eightside.wordpress.com/

by NPM 05310003228

Anonim mengatakan...

Bagus blognya. Tetep semangat n konsisten ya. Selamat berjuang. Bu Guru!

_sanda_

Ahmad Wajid K mengatakan...

Dian aku diajari nggawe blog donk, iki lagi isoh pembukaan ki. Trus dipiyekke ki